Metabolisme

Apakah metabolisme itu?

Di dalam tubuh makhluk hidup, hewan, tumbuhan maupun manusia banyak terjadi proses kimia yang dilakukan oleh tubuh makhluk hidup atau organisme, baik itu dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh makhluk hidup, salah satunya yang kita kenal adalah proses metabolisme, lalu apakah metabolisme itu?

Metabolisme adalah reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh organisme termasuk pada tingkatan sel yang ada dalam tubuh organisme tersebut. Didalam sel hidup terjadi proses metabolisme, Metabolisme digolongkan menjadi dua, yaitu proses penyusunan (anabolisme) dan proses pembongkaran/penguraian (katabolisme).

Perubahan perubahan yang terjadi pada proses anabolisme dan katabolisme dapat dipercepat dengan suatu zat yang disebut fermen(enzim), Seperti dalam reaksi kimia anorganik, enzim bekerja sebagai katalisator, Enzim dapat mempercepat reaksi namun enzim itu sendiri tidak mengalami perubahan.

Enzim memiliki fungsi yang khusus, untuk mengubah zat tertentu, diperlukan enzim tertentu. Sifat lain dari enzim adalah kemampuannya bekerja secara bolak-balik(reversibel).

Salah satu proses katabolisme (desimilasi) adalah respirasi, Dalam proses ini, energi yang tersimpan ditimbulkan kembali atau dibongkar untuk menyelenggarakan proses-proses kehidupan. Pada proses katabolisme gula dibagi menjadi 4 tahapan yaitu glikolisis, reaksi antara, siklus Krebs, dan tranport elektron.

Respirasi aerob dan respirasi anaerob

Respirasi aerob ialah suatu proses pernapasan makhluk hidup yang membutuhkan oksigen dari udara serta glukosa sebagai substratnya, sedangkan Respirasi anaerob disebut juga fermentasi atau respirasi intramolekul. Tujuan dari fermentasi tersebut sama dengan respirasi aerob, yaitu untuk mendapatkan energi. Energi yang dihasilkan dalam respirasi aerob jauh lebih besar dibandingkan yang dihasilkan melalui respirasi anaerob, Respirasi aerob menghasilkan 38 ATP sedangkan pada proses terjadinya respirasi anaerob menghasilkan 2 ATP.

Fotosintesis

Asimilasi karbon atau yang disebut fotosintesis ialah merupakan proses terjadinya pengubahan zat-zat anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat organik karbohidrat atau glukosa dengan pertolongan sinar. Proses fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuh-tumbuhan berhijau daun atau yang disebut juga autotrof. Proses fotosintesis yang terjadi pada kloroplas melalui dua tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.