Apa saja manfaat jika kita banyak membaca buku?

Bagi sebagian orang yang memiliki hobi membaca buku adalah merupakan suatu yang biasa saja, bagi mereka yang sering membaca buku buku merupakan teman mereka dan manfaatnya adalah sumber ilmu bagi para pembacanya, orang yang senantiasa membaca buku mereka lebih suka mengunjungi tempat-tempat seperti perpustakaan, taman baca, dan tempat-tempat yang tenang dari keramaian, tak sedikitpun juga dari mereka yang juga hobi mengoleksi buku-buku yang mereka baca.

Bagi para pembaca buku mereka dapat mendapatkan buku yang mereka baca di toko-toko buku terdekat tempat mereka tinggal atau mereka akan membelinya secara online seperti di tokopedia, shopee dan amazon, banyak toko-toko buku yang menawarkan buku-buku edisi baru dengan harga yang terjangkau, mereka yang suka membaca buku tentu akan tau dimana tempat buku yang menjadi langganan mereka.

Lalu dari kegiatan mereka membaca buku tersebut apa manfaat bagi mereka yang banyak membaca buku?. Mereka yang senantiasa membaca buku akan banyak mendapatkan sumber referensi ilmu dari buku yang mereka baca, dimana kita ketahui bahwa buku adalah jendela dunia, buku adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan, orang yang senang membaca buku mereka dapat mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dari buku yang mereka baca dan menambah wawasan mereka menjadi lebih luas.

Kita sering juga mendengar bahwa orang yang senang membaca buku juga disebut dengan kutu buku, kutu buku adalah sebutan bagi mereka yang senang membaca buku, kegiatan mereka sehari-hari adalah membaca buku, baik itu buku pelajaran ataupun buku ilmu pengetahuan yang mereka baca, dari kebiasaan mereka itu juga mereka mendapatkan manfaat dari apa yang mereka lakukan. Manfaat jika kita banyak membaca buku juga membuat kita hidup dengan disiplin dan tidak menunda-nunda waktu.

di bawah ini adalah beberapa manfaat yang kita dapatkan jika kita banya membaca buku, baik itu pengetahuan, buku pelajaran disekolah, buku cerita, maupun novel dan lainnya.

1. Mendapatkan ilmu pengetahuan.

Kita ketahui bahwa sumber ilmu pengetahuan adalah buku, buku adalah jendela dunia yang membuat bagi para pembaca mereka dapat mengetahu ilmu pengetahuan yang ada beserta perkembangannya seiring perkembangan zaman, contohnya dari buku sejarah, dari buku sejarah tersebut seseorang dapat mengetahui sejarah-sejarah di masa lampau, baik itu sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, sejarah kebangsaan seperti sejarah orde baru di indonesia maupun sejarah peradaban dunia.

Dari buku sejarah tersebut jika membaca buku kita akan dapat mendapatkan ilmu pengetahuan yang sebelumnya tidak kita ketahui, ilmu pengetahuan tersebut bersumber dari buku-buku yang ditulis sesuai dengan judul dari buku tersebut, banyak buku-buku yang menjadi sumber ilmu pengetahuan, seperti ensiklopedia, buku atlas, dan astronomi.

2. Dengan membaca buku akan menambah wawasan kita.

Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, manfaat jika kita membaca buku adalah akan menambahkan wawasan kita dalam berfikir, kenapa? karena ketika kita membaca buku kita akan mendapatkan sumber ilmu pengetahuan dan informasi ilmu yang kita peroleh dari buku yang kita baca, wawasab akan terbuka apabila kita memiliki ilmu pengetahuan yang cukup tentang sesuatu yang kita dapatkan.

Cara mengembangkan wawasan salah satunya dengan membaca buku, banyak buku-buku yang dapat mengembangkan wawasan kita di antaranya adalah buku sejarah, buku ensiklopedia mini ini sangat di rekomendasikan untuk anak-anak yang menempuh pendidikan usia dini, karena di dalam buku ini selain dengan tulisan buku ini juga menjelaskan dengan gambar-gambar yang menarik sehingga anak akan lebih menyenanginya saat membacanya.

3. Melatih kita untuk membiasakan berperilaku disiplin dengan waktu

Selain untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita dalam berfikir, membaca buku juga dapat membentuk karakter kita menjadi lebih disiplin dengan waktu, orang yang senang membaca buku dapat menghambiskan waktunya untuk hal yang bermanfaat, terlebih jika buku yang mereka baca adalah buka agama seperti kitab-kitab agama dan buku sejarah agama, 

Dengan membaca buku-buku tersebut, selain menambah pahala dari membaca buku-buku tersebut juga dapat mengingatkan kita untuk lebih menyadari pentingnya memanfaatkan waktu dan melakukan hal-hal yang positif sesuai dengan perintah agama kita masing-masing, dengan begitu kita juga akan terbiasa membiasakan menggunakan waktu kita dengan efisien.


Dari ketiga manfaat di atas, lalu bagaimana cara kita untuk membiasakan diri kita agar senang dalam membaca buku, di bawah ini beberapa hal yang dapat membiasakan kita agar terbiasa dan senang dalam membaca buku.

a. Berniat dalam hati untuk menambah ilmu pengetahuan dengan membaca buku.

Hal yang pertama untuk membiasakan diri kita senang dalam membaca buku, adalah niatkan di dalam hati kita untuk membacanya dengan manfaat agar kita dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kita dalam berilmu, dengan begitu kita akan ada niat dan usaha untuk membiasakan diri kita untuk meluangkan waktu kita membaca buku.

Niat di dalam hati merupakan modal awal untuk kita agar melakukan sesuatu termasuk jika kita ingin menjadikan diri kita untuk terbiasa membaca buku, tanpa niat dan usaha pada diri sendiri kita tidak akan dapat melakukan hal tersebut dengan sepenuh hati terlebih jika hal itu adalah suruhan dari orang lain, membaca buku dengan hati yang terpaksa tidak akan mendapatkan ilmu yang sempurna.

b. Mulailah membaca dengan sedikit demi-sedikit.

Setelah kita berniat di dalam hati untuk membaca buku, hal yang harus kita lakukan adalah melakukannya, mulai lah membaca buku-buku sedikit-demi sedikit dengan buku yang halamannya yang tidak begitu banyak dengan begitu kita dapat menyelesaikannya dengan cepat dan membiasakan diri kita agar terbiasa membaca buku dengan buku-buku yang halamannya sedikit.

Dengan kita melakukan kita telah memulai untuk membiasakan diri kita dalam membiasakan diri untuk terbiasa membaca buku, bacalah buku-buku dengan buku-buku yang kita senangi sehingga kita akan nyaman dan menikmati apa yang kita baca, dalam memilih konteks buku yang kita baca juga dapat membuat kita ingin atau tidak nyamannya dalam kita membaca.

c. Jadilah pengkoleksi buku, atau book addiction.

Setelah kita melakukan niat, lalu mulai membaca, hal yang terakhir adalah koleksi lah buku-buku bacaan kita sebagai referensi dan koleksi kita, seandainya jika suatu hari kita ingin mengingat dan membuka kembali buku bacaan kita sebelumnya kita telah memiliki koleksi buku-buku yang telah kita baca sebelumnya, dengan begitu kita tidak susah untuk mencari buku itu kembali.

Sebagian dari pembaca buku, mereka banyak membuat perpustakaan kecil dirumah mereka untuk menempatkan buku-buku bacaan mereka, mungkin dari sejak pertama kali membaca atau membeli buku bacaan mereka, mereka mengkoleksinya sebagai bahan referensi dan koleksi mereka terhadap ilmu pengetahuan yang mereka miliki, hal tersebut juga merupakan manfaat jika kita banyak membaca buku.