Fungsi daun beserta sel-sel pada daun tumbuhan

Pada bagian tumbuhan terdapat daun yang tumbuh dan memiliki bentuk dan jenis daun yang berbeda. Pada bagian tumbuhan yang satu ini tumbuhan dapat memperoleh sumber tempat pertumbuhannya, namun taukah apa fungsi dari daun-daun tersebut pada tumbuhan, berikut ini penjelasan tentang fungsi daun beserta sel-sel yang ada di dalam daun.

Fungsi daun

Daun adalah merupakan suatu organ tumbuhan yang memiliki fungsi untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis. daun juga berfungsi sebagai tempat pengeluaran air dengan cara penguapan dan respirasi, tanpa daun tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis dengan sempurna, pada daun inilah proses fotosintesis terjadi.

Pada daun, daun memiliki beberapa struktur yang ada pada daun, diantara struktur-struktur tersebut masing-masing memiliki peran penting pada daun untuk proses fotosintesis pada tumbuhan, struktur pada daun diantaranya sebagai berikut:

Struktur yang melapisi daun dimulai dari bagian atas

  1. Epdermis atas, kadang dilapisi oleh kutikula.
  2. Jaringan palidase parenkim/jaringan tiang/jaringan pagar, disinilah terdapat banyak mengandung klorofil
  3. Berkas pembuluh. terdapat xilem dan floem yang berfungsi sebagai alat transportasi dan penguat daun dalam bentuk tulang daun
  4. Jaringan spons parenkim/bunga karang,
  5. Epidermis bawah, terdapat stomata

Secara morfologi daun terdiri dari lamina atau helaian daun, petiolus atau tangkai daun, dan pelepah daun atau folius. tumbuhan dikotil umumnya memiliki daun dengan susunan tulang daun menyirip dan menjari, sedangkan tumbuhan monokotil umumnya memiliki susunan tulang daun sejajar atau melengkung.


gambar sel pada daun


  1. Epidermis, terdiri dari satu lapis sel (kecuali pada tumbuhan karet). letak epidermis di permukaan atas dan bawah daun. Fungsi epidermis adalah untuk melindungi sel bagian dalam dari kehilangan air dan mempertahankan bentuk daun
  2. kutikula, melapisi permukaaan daun dan mengalami penebalan oleh zat kitin. Fungsi kutikula adalah untuk mencegah penguapan melalui permukaan daun.
  3. Stomata, letak stomata dipermukaan daun berupa celah pada lapisan epidermis dengan dua sel penutup. Fungsi stomata adalah sebagai tempat keluar masuk gas.
  4. Mesofil, adalah jaringan dasar yang tersusun atas dua lapisan sel yaitu palidase(jaringan pagar) dan 
  5. spons parenkim (jaringan bunga karang).
  6. Urat daun,  terdapat berkas pembuluh. membentuk tulang daun.