Pengertian ikhlas, khauf, taat, dan taubat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam kehidupan kita sehari-hari hendaklah kita membiasakan diri kita dengan perilaku terpuji, apakah perilaku terpuji itu? Pengertian perilaku terpuji adalah merupakan suatu sikap atau kebiasaan seseorang dalam melakukan sesuatu yang di nilai baik oleh orang lain. Namun dari pada itu perilaku terpuji dalam agama islam adalah suatu kebiasaan atau tabiat yang dimana seseorang tersebut melakukan kebiasaan atau tabiat tersebut hanya karena mengharapkan ridha dari Allah Swt.

Orang yang terbiasa dan juga membiasakan diri berperilaku terpuji akan mendapatkan balasan pahala dari Allah Swt, dalam kehidupan sehari-hari banyak perilaku terpuji yang dapat kita terapkan dalam membiasakan diri berperilaku terpuji, lalu perilaku terpuji seperti apakah yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk membiasakan diri kita dalam berperilaku terpuji

Macam-macam perilaku terpuji

Dibawah ini adalah beberapa perilaku terpuji yang dapat kita biasakan dalam kehidupan sehari-hari, dengan begitu kita akan dapat terbiasa berperilaku terpuji baik kepada Allah maupun sesama manusia, berikut adalah macam-macam perilaku terpuji:

1. Ikhlas

Pengertian ikhlas adalah merupakan salah satu bentuk perilaku terpuji. Pengertian ikhlas adalah berarti meluruskan niat, memurnikan niat hanya semata-mata mencari ridha Allah Swt, atau hanya menaati perintah Allah Swt. Orang yang senantiasa membiasakan diri berperilaku ikhlas disebut juga "mukhlis", orang yang berperilaku ikhlas akan mendapatkan balasan berupa pahala dari Allah Swt, orang yang beramal secara ikhlas juga ibadahnya diterima disisi Allah Swt.

2. Taat

Pengertian taat adalah salah satu akhlak yang harus dimiliki setiap muslim, dimana taat merupakan salah satu sikap seorang muslim untuk tunduk dan patuh oleh perintah Allah Swt. Orang yang taat akan mendapatkan pahala dan memperoleh ridha dari Allah Swt, kemudian dampak positif dari perilaku taat melatih diri untuk disiplin dalam berbagai hal, termasuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah, selalu disiplin dalam mengikuti tata tertib dan peraturan yang ada di sekolah, baik saat dilihat guru maupun tidak.

3. Khauf

Perilaku sikap khauf adalah salah satu perilaku terpuji dimana khauf berarti takut akan murkanya Allah Swt. Orang terbiasa atau membiasakan diri berperilaku khauf ia akan senantiasa mengingat perintah Allah dan rasulnya akan senantiasa berbuat baik dan takut melanggar perintah Allah Subhanahu wa ta'ala.

4. Taubat

Perilaku terpuji selanjutnya yaitu taubat, apakah itu taubat? Pengertian taubat adalah berarti kembali kejalan yang benar setelah berbuat dosa atau suatu kesalahan, orang yang telah melakukan dosa atau kesalahan tidak perlu bersedih dan berputus asa. Karena, Allah selalu senantiasa memberikan kesempatan kepada hambanya untuk bertobat kepadanya dengan tobat yang sesungguh-sungguhnya, orang yang bertobat hendaklah merubah perbuatannya menjadi lebih baik lagi, sehingga dapat mendapatkan ampunan dari Allah Swt.

Dari keempat perilaku terpuji diatas merupakan bentuk sikap atau perilaku terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu dapat mengingat perintah Allah dan rasulnya, kemudian dapat meningkatkan kualitas ibadah serta kehidupan kita sehari-hari menjadi lebih baik...

Semoga bermanfaat...
Waalaikumsalam warohmatullahi wabarakatuh