Morning routine

kebiasaan dan aktifitas kita di pagi hari

Rutinitas di pagi hari adalah kebiasaan kita, dari mulai kita bangun tidur hingga menjelang siang. biasanya apa yang teman-teman lakukan disetiap pagi?

Ya tepat sekali, ketika kita bangun di pagi hari tepatnya dari mulai waktu subuh hingga terbitnya fajar adalah waktu bangun yang sering kita lakukan meskipun kita ada yang kesiangan, atau ada yang malah terlebih dahulu bangun lebih pagi lagi mungkin untuk melakukan kegiatan kesehariannya, Seperti berbelanja dipasar kemudian untuk menjualnya kembali, atau ada yang mendirikan sholat tahajud kemudian menghafal beberapa pelajaran untuk kelasnya nanti. itu hal yang sering dilakukan sebagian orang.

Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk kita mengawali hari dengan melakukan aktifitas yang dapat membuat hari-hari kita menjadi lebih bersemangat. ketika kita bangun tidur sesuai dengan tuntunan islam hendaklah kita membaca doa bangun tidur yaitu "Alhamdulillahiladzi ahyaanaa ba'da ma amaatanaa wa ilaihinusur" yang artinya segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepadanyalah kami dibangkitkan.(HR. Bukhori. No 6325).

Setelah itu hendaklah kita mendirikan sholat, ketika waktu sholat subuh belum masuk pada waktunya hendaklah kita niatkan untuk mendirikan sholat tahajjud bila waktunya masih ada. Waktu sholat tahajjud bisa dikerjakan dalam kurun waktu setelah sholat isya sampai waktu masuknya sholat subuh, walaupun begitu ada waktu-waktu tertentu yang di anjurkan, yaitu sepertiga malam terakhir, sepertiga malam di awal, syarat sholat tahajjud ialah setelah tidur walaupun sebentar.

Kemudian dari melaksanakan sholat tahajjud, membersihkan tempat tidur dan kemudian menunggu waktu sholat subuh datang, melaksanakan sholat subuh, sholat subuh memiliki banyak manfaat untuk diri kita, yaitu membiasakan kita untuk terbiasa bangun dipagi hari, karena tidak semua orang dapat bangun di pagi hari, melancarkan peredaran darah dan dapat menghirup udara segar di pagi hari tentunnya, setelah itu lakukan sedikit olahraga dipagi hari juga dapat meningkatkan semangat kita dalam menjalani hari-hari nantinya.

kemudian bersiap untuk pergi ke sekolah, berangkat kerja, atau pergi kekantor, usahakanlah untuk sarapan terlebih dahulu sehingga kita dapat energi tambahan saat kita bekerja.

Semoga bermanfaat...