Bagaimana proses pendidikan di indonesia ditengah era new normal akibat dampak dari pandemi covid-19?

Pendidikan ditengah masa pandemi, mungkin memang menjadi sebuah dilema yang terjadi di dalam dunia pendidikan saat ini, terlebih lagi saat pandemi covid 19 semakin hari, semakin meningkat. Dampak covid 19 dalam pendidikan sangat berdampak dalam proses kegiatan belajar dan mengajar. Namun dibalik itu semua pasti terdapat hikmah dibalik semua kejadian yang terjadi saat ini.

Kita mungkin hanya bisa bersabar dan terus melaksanakan kegiatan rutinitas belajar kita seperti biasanya mesikipun ditengah masa pandemi. Hal tersebut sangat berdampak terhadap proses pendidikan di indonesia pada saat pandemi ini, lalu bagaimana proses pendidikan di indonesia ditengah era new normal akibat dampak dari pandemi covid 19?

Proses pendidikan di indonesia ditengah era new normal akibat dampak dari pandemi covid-19

Baiklah pada artikel ini saya akan menuliskan, bagaimana situasi dan kondisi proses pendidikan di Indonesia ditengah pandemi covid-19. Di tengah situasi dan kondisi saat ini banyak negara yang melakukan proses belajar dan mengajar dari rumah atau yang biasa disebut juga sistem online yaitu sistem belajar yang menggunakan jaringan saat dalam proses belajar dan mengajar. Dalam proses ini para peserta didik dapat belajar dari rumah mereka masing-masing dengan sistem online.

Lalu bagaimanakah dengan proses pendidikan di Indonesia ditengah era new normal pandemi covid-19? Sebelumnya kita belum tahu apa yang akan terjadi pada saat masa yang akan datang, tapi segenap cara yang telah dilakukan pemerintah demi menangani krisis pada situasi saat ini baik itu dari segi ekonomi, bisnis maupun dilingkungan pendidikan, sudah sangat baik dan mendukung dalam proses pencegahan penyebaran covid-19.

Didalam pendidikan, pemerintah di Indonesia menghimbau kepada seluruh elemen pendidikan untuk menyelenggarakan proses belajar dan mengajar dari rumah atau dalam sistem daring, guna untuk menghambat terjadinya penyebaran virus covid-19 ini, dalam situasi dan kondisi ini para siswa dan guru menyelenggarakan pendidikan dari rumah dalam jaringan, siswa mengakses portal pendidikan dengan halaman web yang telah disediakan dari pihak sekolah.

Dampak dari pandemi ini hampir seluruh dari sekolah-sekolah di Indonesia menyelenggarakan sistem daring ini, sebagian sekolah yang tidak menyelenggarakan dikarenakan ditempat mereka tinggal proses penyebaran covid-19 belum begitu parah atau masih dalam zona hijau. bagaimanakah dengan daerah kalian?, proses belajar mengajar dalam sistem jaring hampir diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia, lalu bagaimana proses pendidikan di Indonesia ditengah era new normal pandemi covid-19?

Bagaimana kebijakan pemerintah dalam menangani dampak pandemi covid 19 terhadap pendidikan?

Di era new normal atau dalam kehidupan baru di masa pandemi ini, pemerintah telah menerapkan beberapa kebijakan dimana proses belajar mengajar telah diperbolehkan dengan beberapa batasan-batasan tertentu diantara sebagai berikut

Nadiem mengatakan, walaupun boleh dibuka sekolah pada zona hijau, tetap harus melalui protokol yang sangat ketat, persetujuan dari pemerintah daerah setempat hingga persediaan dalam satuan pendidikan boleh mengikuti pembelajaran tatap muka atau tidak.

Menteri pendidikan itu menambahkan, meskipun seluruh perizinan itu telah terpenuhi, syarat yang terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah izin dari orang tua murid, setuju atau tidak anaknya pergi kesekolah tatp muka atau tidak. Dengan adanya izin dari orang tua pihak sekolah tidak terlalu cemas sehingga tanggung jawab tidak hanya serta merta hanya kepada satuan pendidikan saja. orang tua juga ikut handle dalam urusan ini agar proses pendidikan berjalan dengan baik.

Persentase sekolah pada zona hijau di Indonesia hanya 6 persen, sebagian besar sekolah berada di zona merahh, kuning, dan oren. Sekolah yang berada pada zona tersebut, masih tetap harus menyelenggarakan proses belajar dan mengajar dari rumah atau masih dalam sistem daring. zona hijau bisa semakin besar, atau semakin kecil tergantung dengan cara pencegahannya. Oleh sebab itu hendaklah kita sama-sama dalam menanggulangi pandemi ini.


suasana lingkungan tpq sebelum dampak dari pandemi covid 19

Perasaan yang dirasakan saat sistem daring di Indonesia

Selanjutnya sistem daring di Indonesia, terutama saya yang merasakan bagaimana rasanya merasakan proses pendidikan di Indonesia ditengah era new normal pandemi covid-19 ini sangat sulit, dampak civid 19 terhadap pendidikan ini juga banyak membutuhkan waktu, tenaga, dan menguras pikiran yang dapat menyebabkan mental dan kesehatan kita bahkan malah semakin menurun, telebih jika banyaknya tugas yang diberikan yang akan banyak menyita waktu untuk beristirahat sehingga kondisi fisik membutuhkan istirahat yang cukup itu.

Bagaimana proses daring ini dirasakan tergantung individu masing-masing, kondisi ekonomi, kesehatan dan politik juga ikut serta dalam proses penangan covid membuat sebagian orang merasa sulit dikarenakan kondisi tersebut, terlebih jika masyarakat ekonominya rendah mereka akan sangat sulit mengikuti sistem daring ini, oleh karena kuota untuk mengakses link atau sistem daring mereka terbatas sehingga proses belajar mengajar dalam daring tentu tidak efisien bagi sebagian orang.

Dengan demikian dalam situasi dan kondisi saat ini, sangat sulit untuk setiap elemen masyarakat melakukan pekerjaan mereka terlebih juga harus menghambat pertumbuhan virus dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, oleh sebab itu dalam hal ini dibutuhkan kerja sama yang konkrit baik itu dari pihak pemerintah untuk tetap memberikan kebijakan didalam pendidikan guna untuk menekan pertumbuhan covid ini.

Setiap elemen masyarakat berperan penting untuk sama-sama membantu dan gotong royong agar membaiknya situasi ini kedepannya, dan proses belajar mengajar akan kembali normal dan dapat dirasakan oleh seluruh anak Indonesia, sesuai dengan UUD 1945 yang berisikan tentang mencerdaskan kehidupan bangsa tentu hal ini merupakan hal yang penting untuk sama-sama kita bangun agar terwujudnya cita-cita itu demi kepentingan bangsa negara dan kita semua.


Terima kasih, semoga bermanfaat