Kanker

Kanker adalah merupakan sebuah jaringan yang tumbuh tak terkendali akibat adanya faktor penyebab yang mengganggu kegiatan metabolisme, adanya faktor penyebab yang menggangu kegiatan metabolisme, menunjukkan bahwa kanker adalah suatu kegagalan morfogenesis dan diferensiasi normal, sel yang normal kemudian membelah diri menjadi jaringan dengan "mengetahui" berapa kecepatan membelah diri dan kapan berhenti membelah diri.

Kanker selalu dimulai dari satu lokasi tertentu. Kanker awal ini disebut tumor primer. Setelah satu periode pertumbuhannya yang tak terkendali, kemudian sel-sel akan terlepas dari tumor primer dan terangkut dalam cairan getah bening (limfa) dan darah ke bagian lain dari tubuh. Pada lokasi tubuh inangnya yang baru, sel-sel yang terlepas dari tumor primer tadi kemudian akan tumbuh menjadi tumor-tumor baru jika habitatnya cocok, fenomena tersebut disebut sebagai metastatis.

Sel-sel kanker tidak membentuk struktur yang normal dan fungsi khas yang sesuai jaringan dimana tempat mereka tumbuh, setiap kanker dimulai dari sebuah sel dan sel kanker tidak menyerang masa sel seperti infeksi, Jadi semua kanker pada masa metastatis maupun pada tumor primer merupakan sebuah klon.

Mieloma merupakan sebuah kanker sel pembentuk antibodi yang disebut sel plasma. Dari mieloma dapat dibuat jutaan macam molekul-molekul antibodi yang berbeda. Setiap sel plasma yang bersifat kanker pada seorang penderita Mieloma akan membuat molekul antibodi yang sama. Meskipun tumor memiliki sifat abnormal dalam morfogenesisnya dan diferensiasinya, mereka tergantung pada bantuan metabolisme pada jaringan normal. Ketika saat tumor berkembang, tumor kemudian melepaskan sel-sel ke dalam cairan getah bening dan darah.

Penyebab Kanker

Penyebabkan bukan karena Kantong Kering yaa..Heheh. Kanker dapat timbul karena faktor genetik atau Karsinogen.

a. Faktor genetik

Sel kanker merupakan sifat yang diwariskan secara tetap. Sel Kanker kemudian diwariskan ke generasi yang selanjutnya pada setiap mitosis seperti sifat lain yang dikontrol secara genetik.Penderita penyakit menurun tidak mempunyai enzim untuk memperbaiki DNA yang rusak. Sebagai contohnya pada kanker kulit yaitu Seroderma pigmentosum, paparan penyakit yang disebabkan oleh sinar ultra violet yang merusak DNA sehingga kanker kulit berkembang terutama pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.

b. Karsinogen

Zat kimia tertentu bersifat karsinogenik menyebabkan dapat menyebabkan terjadinya kanker, kanker yang bereaksi langsung dengan molekul DNA dan menyebabkan mutasi, contoh dari bahan kimia yang mengandung dan bersifat karsinogen adalah asap rokok, gas mostar dan asbes