Apa saja usaha Sayyid Ahmad Khan dan pembaharuannya dalam bidang Pendidikan ? Simak sejarah lengkapnya

Usaha-dan-Pembaharuan-Sayyid-Ahmad-Khan-dalam-bidang-Pendidikan

Usaha Sayyid Ahmad Khan dan Pembaharuannya dalam Bidang Pendidikan

Sebelum kita mengetahui Apa saja usaha perjuangan Sayyid Ahmad Khan dan Pembaharuannya dalam bidang pendidikan. Mungkin sebagian dari kita ada belum mengetahui siapakah Sayyid Ahmad Khan itu ?

Sayyid Ahmad Khan adalah seorang tokoh cendikiawan muslim India. Sayyid Ahmad Khan lahir pada tanggal 17 Oktober 1817 di kota Delhi India. Ia meninggal pada tanggal 28 Maret 1898 saat usianya 81 tahun. Ayahnya yaitu Mir Muttaqi seorang pertapa salih yang sangat besar pengaruhnya di istana Kaisar, pada saat Mughal Akbar shah II.

Setelah beliau mengundurkan diri dari jabatannya. ia hampir menghabiskan seluruh waktunya bersama Ghulam Ali, yaitu seorang suci Mujaddid pada waktu itu. Kemudian Sayyid Ahmad Khan ini menjadi seorang yang shalih karena ajaran Shah Ghulam Ali. Dari Kakek pihak ibunya, Khawaja Fariduddin Sayyid Ahmad Khan belajar ilmu kenegaraan dan diperkenalkan pada kebudayaan barat.

Dari garis keturunan nasab Ayahnya, Ahmad Khan adalah keturunan langsung dari Nabi Muhammad Saw melalui Husein bin Ali. Oleh sebab itu Ahmad Khan memakai gelar Sayyid. Ahmad kemudian mendapat didikan traditional dalam pendidikan agama mulai membaca Al-Qur'an dan melanjutkan pendidikannya di Maktab. Disinilah ia banyak bahasa Persia, Arab dan Ilmu matematika.

Itulah beberapa biorafi singkat Sayyid Ahmad Khan. Apa saja usaha Sayyid Ahmad Khan dan pembaharuannya dalam bidang Pendidikan ?

Usaha Sayyid Ahmad Khan dan pembaharuannya dalam bidang Pendidikan

Reformasi dalam bidang pendidikan pengaruh Ahmad Khan pada Masyarakat India tidaklah terbatas hanya dalam usahanya mengadakan perdamaian dengan penguasa Inggris. Sayyid Ahmad Khan sudah memberikan sesuatu terbaik untuk kesejahteraan bangsanya dan pendidikan modern. Ia merupakan pelopor pendidikan modern bagi umat Islam di India.

Usahanya dalam bidang intelektual telah mampu menjembatani intelektual antara zaman pertengahan dan zaman modern. Oleh karena itu Ahmad Khan sadar akan pentingnya penggunaan bahasa Inggris sebagai alat atau media pengajaran, dan peningkatan bahasa urdu.

Usaha Sayyid Ahmad Khan mendirikan "Mohammadan Anglo Oriental College (MAOC)"

Sayyid Ahmad Khan mengunjungi Inggris pada tahun 1869-70 dan berkesempatan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di Cambridge University. Kunjangan ini dimaksud untuk mempelajari cara pengelolaan institusi tinggi bagi umat islam. Merampungkan rencana pendirian pada tahun 1874 dan akhirnya pada 1877 peletakkan batu pertama College ini dilakukan oleh Lord Lython, seorang raja Muda Inggris di India.

Usaha dan upaya Sayyid Ahmad Khan dalam menyeragamkan dan meningkatkan mutu pendidikan secara nasional pada tahun 1886

Pada tahun 1886 diadakannya konferensi pendidikan, yaitu Muhammedan Educational Conference. Tujuan dari lembaga ini ialah ingin menyebar luaskan pendidikan barat dikalangan umat islam, mengevaluasi pendidikan agama di sekolah pemerintah dan yang dikelolah golongan islam serta menunjang pendidikan agama yang diberikan di sekolah swasta.

Itulah beberapa usaha-usaha dan pembaharuan yang dilakukan Sayyid Ahmad Khan dalam pendidikan, dan selain itu ia juga menyebar luaskan ide idenya yang informatif menyangkut persoalan agama dan masyarakat.