Pengertian bioteknologi

Di dalam perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini, telah banyak perkembangan-perkembangan yang telah dikembangkan oleh para ilmuan, ilmu pengetahuan ini diantaranya adalah memanfaatkan struktur organisme untuk dikembangkan lagi dengan memanfaatkan teknologi yang ada, seperti bioteknologi pada hewan, tumbuhan, dan organisme lainnya yang dikembangkan oleh manusia.

Bioteknologi merupakan salah satu ilmu biologi yang semakin terus dikembangkan, dengan memanfaatkan makhluk hidup seperti jamur, mikroorganisme, bahkan makhluk hidup terkecil seperti virus yang kedepannya untuk diambil manfaatnya dalam kehidupan manusia sehari-hari, lalu apakah ilmu bioteknologi itu? mikroorganisme apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh manusia?

Pengertian bioteknologi

Bioteknologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mengenai bagaimana memanfaatkan makhluk hidup seperti jamur, virus, bakteri dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan manusia dibumi ini.

Pada saat ini bioteknologi modern memanfaatkan teknologi DNA rekomombinan, contohnya adalah memanfaatkan Bakteri E. Coli untuk perbanyakan hormon insulin. Penerapan ilmu bioteknologi dengan memanfaatkan makhluk hidup secara langsung untuk mengubah kandungan gizi dari suatu produk  juga disebut biologi konvesional  contohnya pembuatan tempe, oncom dan pembuatan tape.

Kemudian berikut ini adalah jenis-jenis mikroorganisme dalam bahan pangan; Rhizopus oligospurus(pembuatan tempe). Acetobacter xylum(pembuatan nata de coco), saccharomyces cerevisiae  dapat digunakan untik pembuatan roti dan tapai), penecilium camemberti dan penecillium requeforti dapat digunakan dalam pembuatan keju, Aspergillus wentii dapat di gunakan dalam pembuatan kecap), Lactobacillus bulgaricus pembuatan keju dan yogurt), dibawah ini adalah beberapa contoh dari organisme yang memiliki manfaatnya pada manusia

Mikroorganisme Penghasil Obat

a. Antibiotik

Antibiotik merupakan suatu zat kimia hasil dari mikroorganisme yang dapat menghambat pertumbuhan atau mematikan mikroorganisme lainnya.

1. penicilin

Penicilin berguna untukmuntuk infeksi dengan mencegah terbentuknya dinding sel pada bakteri sehingga tidak membahayakan sel yang ada dalam tubuh manusia. komponen utama penicilin adalah penicilin G yang dapat diubah menjadi bentuk-bentuk lain. Penicilin G terdegredasi oleh asam lambung sehingga lebih baik penicilin diberikan melalui suntikan. ada juga jenis penicilin yang tidak dipengaruhi oleh asam lambung, dapat berupa sirup atau tablet.

2. Tetrasiklin

Tetrasiklin berguna untuk kalsium dalam tulang dan gigi yang sedang berkembang.

3. Sefalosporin

Sefalosporin dihasilkan oleh jamur Chephalosporium. Sefalosporin yang terbaru sangat efektif untuk melawan bakteri yang resisen terhadap penicilin.

4. Eritromisin

Eritromisin digunakan untuk pasien yang alergi terhadap penicilin.

b. Vaksin

Vaksin berasal dari mikroorganisme yang telah dilemahkan atau dimatikan, vaksin biasanya digunakan dalam tubuh manusia untuk melemahkan mikroorganisme yang terdapat di dalam tubuh dan dan melawan mikroorganisme tersebut.

Di atas merupakan beberapa mikroorganisme dan pemanfaatan ilmu bioteknologi pada manusia yang  bermanfaat dalam kehidupan sehari, kedepannya ilmu bioteknologi akan lebih dikembangkan lagi, terutama pada saat ini dimana pandemi virus corona yang terjadi sampai saat ini belum ada vaksin yang ditemukan, sudah banyak vaksin yang di ciptakan tetapi masih dalam proses laboratorium, semoga dalam perkembangan ilmu teknologi ini vaksin tersebut dapat segera ditemukan.