Charles Darwin

Tentu kita tidak asing lagi bukan dengan nama salah satu ilmuan satu ini, sejak di bangku sekolah kita pernah mempelajari mata pelajaran biologi, namanya begitu dikenal pada saat di bangku sekolah. Ia merupakan seorang ilmuan yang mengungkapkan bahwa manusia dan binatang/hewan berasal dari nenek moyang yang sama..

Charles Darwin


Biografi singkat Charles Darwin

Charles Darwin yang kita kenal merupakan seorang ilmuan, bernama lengkap Charles Robert Darwin dia lahir bertepatan pada hari yang sama dengan presiden ke 16 Amerika Serikat yaitu Abraham Lincoln, yaitu pada tanggal 12 february pada tahun 1809. di Shrewsbury salah satu kota di Negara Inggris dari keluarga yang terpandang.

Dasarnya memang keluarga Charles Darwin ini mencintai eksplorasi di alam, ayah merupakan seorang dokter dan begitu juga dengan kakeknya yang bernama Erasmus Darwin yang merupakan ahli botani yang terkenal. Saat pada usianya 8 tahun, Darwin harus menerima saat ibunya meninggal dunia. Pada bulan oktober tahun 1825, saat itu ketika ia beranjak berumur 16 tahun, dia mengambil studi di Universitas Edinburg bersama dengan saudaranya. selang waktu 2 tahun ia kemudian masuk ke Christ's College di Cambrigde

Ayahnya yang berharap bahwa dia akan dapat mengikuti jejaknya menjadi seorang dokter meduis, tetapi Darwin baru melihat darah saja ia langsung muntah. Setelah dia lulus dari Christ's College sebagai seorang sarjana seni pada tahun 1831 selanjutnya profesor botani yaitu Johm Stevans Henslow yang juga sebagai mentornya kemudian merekomendasikan Darwin menjadi naturalis dalam pelayaran HMS Beagle.

Perjalanan Hidup Charles Darwin

Selama perjalanannya selama mengelilingi dunia, Charles Darwin mengoleksi berbagai spesies dari hewan, seperti burung, spesies tanaman serta fosil-fosil yang ia temui selama masa pelayaran. Melalui hal tersebut ia dapat meriset dan eksperimen langsung serta memiliki kesempatan, untuk mengamati langsung kaidah geologi, botani dan zoologi.

Dalam perjalanannya kembali ke Inggris pada tahun 1836. Charles darwin menuliskan hasil penemuannya pada Journal Of Researchers yang kemudian disunting menjadi Zoology Of The Voyage Of The Beagle. Pelayaran yang telah ia lalui telah mempengaruhi pandangan Charles Darwin terhadap sejarah yang terjadi di alam.

Kemudian dia mengembangkan teori revolusioner tentang asal usul dari makhluk hidup, khawatir dengan gagasannya tersebut yang radikal, kemudian Darwin tidak menyajikan kembali teorinya hingga 1858. Pada tahun berikutnya Darwin menerbitkan karyanya "The Origin Of Species By Means Of Natural Selection.

Meninggalnya Charles Darwin

Pada tahun 1882 dia mengalami kejang-kejang dan akhirnya meninggal dunia dikarenakan serangan jantung pada tanggal 19 april 1882. Banyak rekan, keluarga serta koleganya yang sangat menginginkan peringatan besar mengenang Darwin, Dari pada sekadar dimakamkan didesanya mereka menginginkan sesuatu yang lebih untuk menghormati Charles Darwin.

Darwin dikebumikan di Westminster Abbet. Dia dibaringkan dalam megahnya gerejawi pada tanggal 26 April tahun 1882, disamping para ilmuan lainnya yaitu Isaac Newton dan John Herschel.